Tepis Isu PKI, Jokowi: Saya dan Keluarga Besar Muslim!

Tepis Isu PKI, Jokowi: Saya dan Keluarga Besar Muslim!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung soal dirinya yang dituduh sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI). Jokowi menegaskan dia dan keluarga besarnya adalah muslim.

"Perlu saya sampaikan, saya ini muslim, orang tua saya muslim, keluarga besar saya muslim!" tegas Jokowi.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membagikan 5.000 sertifikat tanah untuk warga Jakarta di Taman Cakung, Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (2/12/2018). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam acara ini.

"Semuanya perlu saya sampaikan. Kalau nggak begini, enggak clear nanti. Itu saja, nanti kalau saya teruskan, dikira marah," sambungnya.

Jokowi kemudian menampilkan sebuah foto lewat layar besar yang dihadapkan ke warga. Di foto itu terlihat Ketua PKI DN Aidit yang sedang berpidato. Di bawah mimbar pidato DN Aidit itu, tampak seorang pria yang disebut Jokowi sering menjadi bahan fitnah terhadap dirinya karena pria itu dinilai mirip dengannya.

"PKI dibubarkan tahun 1965, saat itu saya baru berusia 4 tahun. Apakah ada anggota PKI balita?" kata Jokowi.

"Tidak," jawab warga.

"Ini foto yang tersebar di media sosial. Ini foto tahun 1955, sementara saya lahir pada 1961. Lahir saja belum, ini malah orang ini dikira saya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan tuduhan dirinya adalah anggota PKI memang harus diklarifikasi. Sebab, dalam empat tahun terakhir, dia selalu difitnah.

"Kenapa saya menyampaikan ini? Karena survei yang ada itu lebih dari 9 juta tuh percaya gambar ini, percaya masalah PKI tadi. Sembilan juta lebih percaya, artinya kan itu kemakan hoaks, kemakan fitnah, ya saya harus menjawab," tegasnya.

Jokowi bahkan sempat beristighfar karena dituduh sebagai anggota PKI. "Sabar, sabar, sabar, ya Allah. Astaghfirullah, ampun ya Allah," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan isu yang menimpanya itu sering muncul menjelang pemilu. Untuk itu, dia berharap masyarakat lebih selektif dan melakukan penyaringan dalam menerima suatu pemberitaan.


Sumber
LIKE & SHARE

0 Response to "Tepis Isu PKI, Jokowi: Saya dan Keluarga Besar Muslim!"