Pengertian dan Manfaat Pijat Beserta Jenis–Jenis Pijat

Pengertian dan Manfaat Pijat Beserta Jenis–Jenis Pijat

Pijat ialah penekanan pada bagian tubuh tertentu yang bermaksud untuk meredakan rasa sakit dan mengembalikan tubuh agar menjad segar kembali.

Manfaat Dari Pijat

Pijat bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit fisik. Bermacam masalah kesehatan dapat diatasi dengan pijatan-pijatan yang tepat. Badan yang terasa lelah juga bisa segar kembali setelah dipijat. Pijat tidak cuma berguna untuk kesembuhan penyakit fisik, tapi juga bisa membantu membuat rileks pikiran sehingga bisa mengurangi stres dan membuat anda nyaman. Pada beberapa kasus, dengan melakukan pijat bisa membantu penderita insomnia atau susah tidur.

Harus Diketahui, Siapa Yang Tidak Boleh di Pijat

Untuk penderita penyakit tertentu tidak bisa sembarangan dipijat, sebab ditakutkan akan menimbulkan efek yang buruk dari pijatan tersebut terhadap penyakitnya, diantaranya adalah penderita diabetes, ginjal, jantung atau darah tinggi, sebaiknya menanyakan lebih dulu ke dokter. Karena tekanan pada pijatan yang cukup berasa bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan-jaringan tubuh yang bermasalah akibat penyakit tersebut.

Cara Pijatan yang Efektif dan Juga Nyaman
Supaya memperoleh hasil yang maksimal, dianjurkan mandi lebih dulu sebelum mulai dipijat. Yang bertujuan untuk membersihkan debu atau keringat pada badan yang kotor yang bisa meresap ke pori-pori atau menghambat penyerapan minyak esensial yang digunakan pada pijatan jenis tertentu. Harus di ingat, jangan lupa untuk melihat kebersihan lokasi tempat  pijat, tukang pijatnya dan pendukungnya karena tempat yang kotor bisa menjadi sarana penularan penyakit dari satu orang ke orang yang lainnya.

Ketika akan dipijat baiknya menanyakan jenis pijatan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Apakah ingin dipijat dengan tekanan keras atau lembut. Rasa pegal-pegal akan hilang setelah dipijat dengan cara yang benar. Jika ingin rileks dan menyegarkan pikiran, coba pilih jenis pijat yang sesuai. Tubuh sehat, pikiran tenang dan kulitpun akan menjadi cantik dengan dipijat. Pilihan pijat bisa dicoba dari yang tradisional seperti urut sampai ke pijat internasional dari negara asing seperti dari Thailand, Jepang, Swedia, dan juga Hawaii.

Baca juga : Pijat Refleksi Sakit Pinggang

Berikut Ini Adalah Macam–Macam Pijat Yang Ada di Dunia

Dibawah ini ada beberapa pilihan pijat yang bisa dicoba tergantung dengan selera dan kebutuhan anda :
  • Pijat Tradisional, Pijat yang sangat dikenal oleh orang Indonesia, biasanya dikenal dengan istilah urut. Biasanya di daerah pedesaan, pijatan tradisional ini dianggap bisa menyembuhkan penyakit. Pijatan jenis ini biasanya ditekan dengan kuat. Dengan menggunakan telapak tangan dan ibu jari, otot-otot yang tegang bisa lemas kembali dan tubuh kembali lebih segar. Biasanya pemijat menggunakan minyak kelapa untuk pelengkap.
  • Pijat Refleksi, Refleksologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pijat pada titik-titik tubuh tertentu. Ilmu ini berasal dari cina. Pijat refleksi bisa dilakukan dengan tangan dan benda-benda lain seperti kayu, plastik, atau karet. Pemijat/tukang urut mempunyai pengetahuan tentang titik saraf manusia khususnya pada bagian telapak kaki dan tangan. Apabila menderita salah satu penyakit pada organ dalam tubuh, biasanya pemijat ini akan mengetahui melalui pijatan dibagian kaki. Pijat refleksi kerap dijadikan pengobatan alternatif untuk berbagai macam penyakit yang umum seperti jantung, pencernaan, bahkan untuk masalah kesuburan.
  • Hot Stone Massage, Sesuai dengan namanya hot stone massage atau pijat batu panas, pemijatan ini menggunakan batu vulkanik yang sebelumnya dipanaskan terlebih dulu. Lalu batu yang cukup panas tersebut diletakkan pada tubuh kurang lebih 10 menit sampai hangat pada batu hilang. Pemijat tidak akan menekan tubuh dengan keras dan sering. Cuma pada bagian tangan dan kaki saja. Meletakkan batu yang panas akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan akan memudahkan menghisap racun-racun yang ada didalam tubuh. Batu panas akan membuat kalian merasa rileks.
  • Shiatsu, Shiatsu adalah tehnik memijat yang berasal dari negara Jepang. Pijatan ini dikhususkan menekan menggunakan jari atau telapak tangan secara kuat pada titik-titik tertentu di bagian tubuh. Manfaatnya ialah untuk memperbaiki organ tubuh yang mengalami gangguan. Pada umumnya para pemijat yang sudah ahli akan mengetahui titik-titik mana yang harus ditekan untuk menghilangkan penyakit yang dialami si pasien. Pemijatan ini mirip dengan totok.
  • Swedish Massage, Swedish massage atau pijat Swedia diperkenalkan oleh Per Henrik Ling pada awal abad ke-19. Pijatan ini sudah dikenal di Eropa dan dunia Barat. Tehnik pemijatannya tidak terlalu keras dan menggunakan telapak tangan yang memberi tekanan pada otot dan tulang. Untuk kalian yang menyukai pijatan lembut untuk relaksasi, kalian bisa mencoba pijatan ini.
  • Thai Massage, Thai massage atau pijat Thai menggunakan energi tubuh dan lembut. Manfaatnya ialah untuk relaksasi yang juga mampu membangkitkan gairah terhadap pasangan. Pemijat akan melakukan gerakan yang lembut seperti sedang menari. Pemijat akan menarik badan kalian sampai terdengar bunyi otot, dan pemijat juga akan menggunakan kaki untuk menambah kelenturan otot.
  • Hawaian Massage, pijatan ini akan ditekan dengan keras. Pemijat menggunakan siku yang akan ditekan dengan kuat. Pas untuk kalian yang habis kerja dan mengalami pegal-pegal pada tubuh.
  • French Massage, French massage atau pijat Perancis berasal dari negeri yang terkenal dengan wanita cantik dan langsing yaitu Perancis. Pijatan ini berguna untuk menambah kecantikan. Pada saat proses pemijatan, akan menggunakan aromaterapi, scrub, minyak esensial yang bisa membantu menghilangkan lemak pada tubuh dan menambah kebersihan kulit.
Baca juga :  Pijat Refleksi Ambeien
LIKE & SHARE

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Pijat Beserta Jenis–Jenis Pijat "